Jumat, April 09, 2010

Rawat Jantung, Agar Tak "Mematung"



Ingin senantiasa sehat dan berumur panjang? Biasakan aneka bahan pangan berikut ini selalu tersaji dalam diet harian Anda.

Nutrisi yang baik bukan sekadar makanan untuk dimakan. Makanan dan minuman harus mengandung segudang nutrien (zat-zat makanan) yang tidak hanya memuaskan selera makan, tapi juga mampu menghindarkan Anda dari aneka penyakit kronis sekaligus menjaga penampilan tetap prima. Bagaimana caranya bisa mencukupi makanan dengan kandungan gizi prima ini? Berikut sejumlah tips yang perlu dicermati.

Antioksidan
Antioksidan membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Konsumsilah bahan pangan yang kaya akan kandungan antioksidan seperti almond, berry, jeruk, wortel, bayam, tomat dan paprika.

* Taburi sereal dengan menaburi almond atau berry; tambahkan irisan tomat pada roti isi, sop atau rebusan, lapisi roti gandum Anda dengan irisan paprika dan bayam segar.
* Jadikan kacang rebus, wortel kecil, tomat anggur dan irisan paprika sebagai kudapan bergizi di sela-sela waktu makan.
* Sebatang cokelat berisi butiran kacang dan potongan buah tak ada salahnya diselipkan dalam tas. Rasanya oke sekaligus bermanfaat sebagai penyedia energi kilat saat lapar.

Kalsium
Kalsium banyak terkandung dalam susu dan produk turunannya. Penting untuk mempertahankan kekuatan tulang dan gigi. Tak perlu takut gemuk gara-gara minum susu, pasalnya susu rendah lemak justru mampu membantu menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan hasil optimal, pilih sumber kalsium yang berasal dari sapi.

* Mulailah hari Anda dengan sarapan hebat berupa secangkir kopi hangat yang sudah ditambahkan susu skim setengahnya. Atau pesanlah skinny latte di kafe langganan Anda. Nikmati dengan semangkuk sereal gandum. Tambahkan susu skim dan potongan buah segar di atasnya.
* Untuk memulihkan energi, nikmati yogurt atau keju rendah lemak sebagai kudapan di sela-sela waktu makan.
* Jus dan sereal yang sudah difortifikasikan (ke dalam pengolahannya sudah ditambahkan kalsium) merupakan pilihan terbaik untuk mencukupi kebutuhan Anda akan kalsium sebanyak 3 kali dalam sehari.

Serat
Manfaatnya antara lain, menurunkan kadar kolesterol, membantu teratur buang air besar dan mencegah kanker tertentu (di antaranya kanker usus besar). Meski teksturnya kasar, tapi kita membutuhkannya dalam menu sehari-hari dengan porsi cukup banyak.

* Bacalah label pada kemasan untuk mengetahui apakah roti gandum dan sereal yang dibeli menyediakan minimal 3 gram atau lebih serat yang kita butuhkan per saji.
* Untuk memperoleh manfaat serat, perbanyak konsumsi sayur mayur dan buah segar. Setidaknya 5-9 porsi sepanjang hari. Sedangkan jus umumnya tidak memiliki kandungan serat sebanyak buah segar.
* Kacang-kacangan sarat dengan kandungan serat dan protein. Jangan lupa menambahkannya ke dalam sajian makanan.

Kedelai
Kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol, yang berarti membantu mencegah penyakit jantung dan gangguan kardiovaskuler lainnya.

* Tofu akan meningkatkan citarasa bahan pangan yang dimasak bersamanya. Coba sajikan masakan yang terdiri dari aneka sayur berwarna hijau dengan tofu. Cepat diolah, rasanya dijamin lezat dan sehat. Ada, lho, sereal yang sudah dilengkapi dengan kandungan soya dan serat, sajikan dengan susu skim untuk sarapan. Lezat! Dalam 1 porsi saji, bisa memperoleh manfaat sekaligus dari 3 jenis bahan pangan dengan kandungan zat-zat gizi istimewa.
* Sebagai kudapan menjelang makan siang, selipkan batangan cokelat yang mengandung protein soya. Kacang soya juga bisa dijadikan pilihan cepat saat perut lapar.
* Edamame (sebutan orang Jepang untuk tahu hijau) merupakan jenis camilan yang pasti disukai anak-anak. Cari nugget dengan kandungan bahan pangan sehat ini di bagian makanan beku. Sajikan polos atau masak sebentar dengan memasukkannya ke dalam kuah.

Air
Terlihat pucat dan merasa cepat letih terjadi karena jarang mengonsumsi air, padahal komposisi terbesar tubuh adalah cairan.

* Setiap pagi isilah botol minum berukuran 1 liter. Tempatkan botol ini selalu di dekat Anda hingga Anda bisa sewaktu-waktu dengan cepat meraih kelegaan dan kesegarannya sepanjang hari.
* Untuk minum, jangan mengandalkan rasa haus karena perasaan ini akan berkurang dengan bertambahnya usia. Minumlah sesering mungkin dan pilihlah cairan yang memang mengandung mineral dan zat-zat penting yang dibutuhkan tubuh. Di antaranya jus murni buah dan sayur, susu skim atau rendah lemak, kaldu daging, air mineral dan teh.
* Anda pun bisa mendapat cairan dari makanan, terutama yang berbentuk cair dalam susu kamar. Cobalah gelatin, yogurt, sup, semangka, jeruk, acar, daun selada, tomat dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar